pria setia

brilliant, powerful, and faithful

Masalah perselingkuhan pada era ini semakin marak. Ada berbagai alasan yang dapat dikumpulkan untuk mengetahui motif mereka meninggalkan pasangan dan berpaling pada orang lain. Di balik itu semua, ada satu alasan yang paling mendasar yaitu faktor seksualitas.

Para pria pun disebut-sebut sebagai tertuduh utama dalam dunia perselingkuhan. Anggapan ini tercipta karena di masyarakat sudah lazim jika seorang pria disebut memiliki istri muda, atau seorang pria beristri lebih dari satu. Sementara hal sebaliknya sangat jarang dijumpai.

Lantas, apakah hal ini berarti setiap pria memiliki kecenderungan untuk berselingkuh? Peneliti di sebuah universitas di Inggris memiliki jawabannya. Ia menemukan, pria dengan IQ lebih tinggi akan lebih setia pada pasangannya dan selalu menjunjung tinggi nilai monogami dibandingkan pria lain yang IQ-nya tergolong rendah.

Namun, dari hasil penelitian ini, hubungan antara moralitas seksual konvensional dan intelektualitas tidak tercermin pada wanita. Para peneliti tidak menemukan bukti bahwa wanita yang IQ-nya lebih tinggi memiliki sikap sama seperti pria cerdas dengan IQ tinggi.

Pola-pola kesetiaan justru hanya ditemukan dalam diri pria yang diteliti oleh Dr. Satoshi Kanazawa dari London School of Economics pada jurnal yang dipublikasikan di ‘Psikologi Sosial Quarterly’ edisi Maret.

Dia menyimpulkan, “Analisis empiris menunjukkan, pria yang lebih cerdas cenderung lebih monogami dan selalu menjunjung nilai eksklusivitas seksual dibandingkan dengan pria kurang cerdas alias ber-IQ rendah.”

Apakah benar demikian? Secara sederhana, seorang pria yang cerdas tentunya memiliki pemikiran yang lebih panjang dalam melakukan tindakan berisiko, apalagi tindakan yang bertentangan dengan firman Tuhan yang menjadi keyakinannya.

Namun kebenaran yang sesungguhnya adalah, tidak diperlukan IQ sangat tinggi untuk menjaga kesetiaan kita pada pasangan. Yang dibutuhkan hanyalah ketaatan dari sebuah hati yang takut akan Allah, ini jauh lebih penting. Sudahkah Anda memilikinya? (viva/hart)

Diambil dari:

www.terangdunia.com

Wednesday, 10 March 2010